Sabtu, 13 Juli 2013

Catatan Selama Prakerin di PT. King Manufacture

Kali ini saya mau share pengalaman  saya selama saya prekerin di PT. King Manufacture. Tepatnya di Jln Adi Soemarmo 253 Surakarta. Arah ke Bandara Adi Soemarmo. Pemilik Perusahan Bernama Bapak Pono Budi Sutrisno :)
Yuk kita simak ..

Hari pertama itu rasanya sangat Freaks.. bayangin aja, disekolah itu ndak diajarin bongkar mesin Bor yang gedenya waaahhh parah deh..
gini nih bentukannya
bayangin aja, badanku aja kecil sobb..

itu mesin dibenerin nggak langsung jadi.. 2 hari benerin itu.. bayangin deh, penuh oli, licin, sampai cemong muka ku..
baju wearpack yang dulu bersih sekarang jadi wahhh kotor cinnn... :D

terus pas hari ke berapa ya lupa aku,, di suruh nyimak Mas Edhy Kurniawan ($Maintenance PT. King Manufacture) benerin panel sobb.. iya kalo panelnya cuma panel sederhana.. Ini panelnya gede abis.. didalemnya itu MC (magnetic contactor) ada kurang lebih 20 sob.. bayangin deh kabelnya -_-"
tapi aku tetep coba pahami, alhasil aku gak paham :(

kao gak salah itu benerin mesin "Surface Grinding Machine"
kaya gini bentuknya
kesan pertama waktu ngelihat mesin itu, aku nyebutnya Mesin Perahu :D
lihat aja bentuknyaa :)

habis itu hari-hari selanjutnya menyenangkan.. yang paling menyenangkan itu saat aku latihan nyetir(sebenernya cuma gerakkin ke atas ke bawah sih) "Nissan Forklift"

mantap deh.,
nih bentuknya

bangga aku sobb.. haha.. seumur-umur baru pertama kali pegang Forklift, dengan pelatihan lisan yang singkat oleh Mas Edhy.

terus kemaren.. suruh benerin kipas angin yang besi gede itu.. anehnya waktu dicoba di kantor Maintenanace(Kantorku itu) bisa muter dengan elegan dan sejuknya.. tapi giliran di taruh di tembok(tepat dia dimana seharusnya) dia itu malah gak mau muter :(
gimana perasaan kalian :D
kipasnya kurang lebih kaya gini
Kemudian itu berlanjut ke menginstalasi Mesin CNC Milling yang baru saja dibeli asli Produk TAIWAN sob...  kurang lebih kalu divisualkan seperti ini tampilannya :)
 Hahaha.. Liat aja tuh son, mesinnya segede gitu, disuruh memamsang instalasi ke mesin tersebut, memang pekerjaan yang berat tapi saya tetap semangat :D
mesin ini datang di pertengahan Agustus 2013, ya pada saat bulan Ramadhan mesin ini datang.. Terbayanglah gimana rasanya :)
Dan ada satu lagi yang bikin shock, kata Manager Pemasaran di PT. King Manufacture, mesin ke dua akan datang pada November 2013 itu berarti nanti juga saya yang menginstalasinya :D tapi ndak papalah tetep ganbatte kakak (kalau kata iklan di TV) :D

Setelah itu mulai lagi dengan pekerjaan yang sederhana, hal ini bermula saat AC(Air Conditioner) di Pabrik mati, dan adaa sebagian yang tidak dingin.. Pengalaman pertama banget sobb, saat di suruh bersihin Outdoor dan Indoornya .. kalo di Outdornya sih kita ngganti Capasitor sama Mengisi Freonnya.. kurang lebih seperti ini saat mengganti freonnya..

Capeekk nih sobb ngetinya, tapi ndak papalah saya mau berbagi pengalaman saya :D siapa tau aja bermanfaat bagi adik kelas saya atau pembaca semuanya :)

waktu itu saya pernah di tes oleh pembimbing saya. ketika itu saya disuruh memperbaiki kompressor yang terbakar pistonnya, bukan hanya satu piston tapi 3 piston sobb yang terbakar :D wahh sob pengalaman pertama lagi :D
yaudah nurut aja, terus aku bongkar sebisanya :D
seperti ini bentuknya sobb monggo :)

haha keren kan?? wkwkwk :D

Itu belum berakhir sob masih ada satu lagi yang paling sulit, yaitu menyetel Belt nya(orang jawa bilang "Setreng") salah beberapa CM saja akan membuat performa dari Kompressor tersebut berkurang, dan membuat beltnya cepat aus :)

Dan waktupun cepat berlalu. Tak tersa sudah memasuki bulan November, itu berarti Magaang saya tinggal 1 bulan lagi, dan itu juga berarti bahwa mesin yang kedua akan segera datang.. :D

Sampai akhirnya mesin itu pun datang, kuran lebih seperti ini kalau di visualkan :)
Sama besarnya dengan yang lalu daan panjangnya ini kurang lebih 4 Meter, Ini adalah Mesin CNC Bubut yang memiliki 2 Axis Bahas Kerenya 2 Axis CNC Milling Lathe :D Nah lo pada bisa baca ndak?? wkwkwk :D
sama halnya dengan yang dulu, saa juga disuruh menginstalasinya :)
lanjut lagi, di penghujung magang, saya kembali di tes. Untuk memperbaiki Mesin Magnetic DRill(mesin Bor dengan magnet), bentuknya ini..
ini adalah mesin yang paling kecil yang pernah saya perbaiki selama saya magang di PT. King Manufacture. Waktu itu saya memeperbaiki Bearingnya(Laker),  karena sudah rusak :)


Dan hari terus berlalu, Sampai akhirnya saya keluar magang, dan telah menyelesaikannya di tanggal 21 Desember 2013, yang saya mulai pada tanggal 23 Juni 2013.

Sudah dulu ya sobb, mau belajar lagi nih .. Tanggungan tugas masih banyak sobb :) Maklum anak rajin :)
Terimakasih ya sudah mau lihat dan membaca Curcol(Curhat Colongan) ku.. hahaha..

Semoga Bermanfaat :) Dan Mohon maaf jika ada salah kata atau penulisan yang kurang berkenan :) saya hanya manusia yang mempunyai banyak kesalahan :)

3 komentar:

  1. Kepada Yth,

    Dept Import / Purchasing

    Di Tempat.

    Dengan hormat,

    Perkenalkan kami PT.TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL. Kami adalah perusahaan Jasa Import specialist dalam bidang Jasa Customs Clearance di Kepabeanan baik area Bandara maupun Pelabuhan di seluruh Nusantara, maka dengan ini kami lampirkan penawaran jasa pengurusan pabean dan transportasi barang sampai ke tempat tujuan.

    ADAPUN SERVICE PERUSAHAAN KAMI SBB:

    1. JASA FREIGHT FORWARDING
    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL,Membantu anda dibidang Freight Forwarding yaitu pengurusan semua pengiriman dan penerimaan barang melalui darat, laut dan udara.

    2. JASA UNDER NAME
    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL,Membantu perusahaan-perusahaan yang akan melakukan kegiatan import maupun export dari berbagai negara dengan cara Import/export Lisensi / Under Name,bagi perusahaan yang belum memiliki fasilitas izin import maupun export

    3. JASA IMPORT DOOR TO DOOR SERVICE
    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL,melayani import borongan mulai dari menjemput barang dari shipper dan mengantar sampai ketempat tujuan

    4. JASA CUSTOM CLEARENCE
    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL,membantu anda dalam pengurusan customs clearance di kepabeanan untuk kegiatan export dan import.

    5. JASA PPJK
    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL,Membantu anda dalam kegiatan pengurusan pemenuhan kewajiban pabean untuk dan atas kuasa importir atau eksportir.

    6. JASA EKSPOR-IMPOR
    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL,membantu anda memberikan layanan Jasa Ekspor Impor untuk mengurusin barang yang akan anda ekspor maupun impor.

    Demikianlah penawaran service kami ajukan,besar harapan kami dapat bekerja sama dengan bapak / ibu, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    HUBUNGI KAMI SEKARANG DAN BUKTIKAN :

    Best Regards,

    Rahmat Risky

    Mobile : 0812-98511285

    TNT Logistics

    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL

    Office : Gedung Griya Intan

    Jln.Buncit Raya No.21B, Jakarta Selatan 12510 Indonesia

    Phone : (+62-21) 79189240,27531255,Fax,:(+62-21) 22791648E-mail : rahmat.risky26@gmail.com / info.tnt@cbn.net.id

    BalasHapus
  2. Perkenalkan Kami dari Showa Cargo Melayani Jasa Import Borongan Resmi dan Door To Door Singapore, Malaysia, Korea, Australia, Bangkok, China, USA dan Negara lainnya.
    Untuk konsultasi bisa hubungi kami :
    Aldi
    https://wa.me/6281311350481
    Email : mkt.impor@gmail.com
    Website : www.imporboronganmurah.com

    BalasHapus